Resensi Novel The Road To The Empire

Judul Novel : The Road To The Empire ( Kisah Pangeran Muslim Pewaris Mongolia)
Penulis : Shinta Yudisia
Penerbit : PT. Lingkar Pena Kreativa
Halaman : 573 halaman
Cetakan Pertama : Desember 2008

Takudar Khan adalah seorang pangeran muslim pewaris tahta imperium kerajaan Mongolia. Di dalam darahnya mengalir darah sang Kaisar Jengiz Khan penguasan mongol yang terkenal kejam. Sepeninggal Kaisar Jengiz Khan, dinasti mongol diluluhlantakkan oleh penghianatan dan perebutan kekuasaan oleh keturunannya. Hal itu yang menyebabkan tewasnya kedua orang tua Takudar Khan, Kaisar Tunluq Khan dan Permaisuri Ikhalta. Atas permintaan ibundanya, Takudar Khan menyembunyikan diri, berkelana ke berbagai tempat untuk hidup.

Sebagai seorang pangeran, jiwanya terpanggil untuk kembali mengumpulkan puing-puing kekuasaan yang berserakan. Ia bertekad mendirikan kembali imperium leluhurnya. Perjuangan tak semulus angin berlalu sebab Ia yang berstatus seorang muslim harus menghadapi berbagai tantangan besar termasuk berperang melawan saudara sedarah, adik kandungnya Arghun Khan.

Cita-citanya mendirikan dinasti dibawah panji Alquran dan Sunnah didukung oleh sejumlah sahabatnya di Pesantren Babussalam tempat ia menimba ilmu. Berbekal semangat dan ruh dien yang kuat mereka berhasil mengumpulkan ribuan pasukan muslim dan memenangkan peperangan melawan pasukan mongol yang jumlahnya jauh lebih besar dibawah pimpinan Arghun Khan.

Novel ini ditulis dengan bahasa yang sarat dengan keteladanan, penuh kisah heroik, taktik peperangan, intrik yang meledak-ledak dan semangat pantang menyerah ksatria muslim yang memiliki jiwa kepahlawanan.

Penulis mampu menunjukkan karakter tokoh yang kuat dengan ciri kepribadian masing-masing yang khas. Penulis juga menyajikan potret geografi wilayah mongol dengan sangat jelas seolah-olah pembaca menyaksikan sebuah film.

Novel ini bisa dijadikan rujukan sejarah kepahlawanan para pejuang muslim dan gambaran kekuasaan Islam di belahan timur dunia, dan juga merupakan tempat menimpa ilmu tentang tata cara kepemimpinan dan semangat juang seorang muslim, sehingga menumbuhkan jiwa patriotisme kepemimpinan yang ideal dan berlandaskan pada Dien yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan klik disini untuk memberi komentar